ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTENSITAS PENGGUNAAN KREDIT PERBANKAN OLEH USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (STUDI KASUS UMKM WILAYAH PESISIR BANTEN)

Syah Putra, Budi Rustandi Kartawinata, Aditya Wardhana

Sari


Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia memberikan kontribusi bagi kesempatan kerja untuk masyarakat, dan meningkatkan PDB. Ddengan jumlah penduduk yang besar dan perusahaan besar yang sedikit, maka kesempatan kerja yang ada dapat terserap oleh UKM. Data statistik yang ada menunjukkan bahwa pada tahun 2000, lebih dari 66 juta orang bekerja di Usaha Kecil, atau sekitar 99,44 % dari jumlah kesempatan kerja yang ada di Indonesia. Untuk PDB, UKM menyumbang sekitar 40 % dari total pembentukan PDB di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini, untuk menganalisis pengaruh pengalaman usaha Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), tingkat pendidikan pemilik UMKM, skala usaha UMKM, karakteristik dan pola pembiayaan, kepercayaan dan komitmen terhadap intensitas penggunaan dana kredit perbankan. Objek Penelitian ini dalah pemilik UMKM di pesisir wilayah pesisir Banten, dengan sampel 100 orang, dengan pendekatan analisis regresi berganda. Hasil penelitian membuktikan Pengalaman usaha, tingkat pendidikan, skala usaha, karakteristik dan pola pembiayaan, kepercayaan dan komitmen berpengaruh secara simultan terhadap tingkat intensitas penggunaan dana.

Keywords : Intensitas Penggunaan Kredit, Perbankan, UMKM

Referensi


Altman & D.A. Taylor (1973) Social Pene-tration : The Development of Interpersonal Relationship, New: Holt Rinehart and Winston.

Anderson & A.Narus (1990) A Model Distributor Firm and Manufacturer Firm Working Partnership, Journal of Marketing, No. 54 (January) , pp. 42-58.

Banana Artha Ventura. (1995) Buku Panduan Pelaksanaan Pembiayaan Modal Ventura, Jakarta .

Bergman, B.R (1986) The Economic Emergence of Women, New York:Basic Books.

Busch, Paul, S. & Michael J. Houston (1995) Marketing Strategy, Foundation Homewood Yelions :Richard D Irwin. Inc.

Cooper, Donald R., & C. William Emory (1998) Metode Penelitian Bisnis, Erlangga, Jakarta.

Fakrullah, Zudan Arif (1997) Peranan Modal Ventura dalam Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah, Gema Stikubank, April, pp.71-78

Ferdinand, Augusty (1999) Strategic Pathways Toward Sustainable Competitive Advantage, Unpublished DBA Thesis, Southern Cross, Lismore, Australia.

Frayer, Carolyn R (1991) What Different about Services Marketing, Journal of Services Marketing Vol 5, Iss : 4 Fall 1991 pp. 53-58.

Ghozali, Imam (2005) Aplikasi Analisis Multi-variate dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Goolsby, JR. (1992), A theory of Role Stress in Boundary Spanning Positions of Marketing Organizations , Journal of the Academy of Marketing Science, Vol. 20, pp. 155-164.

Grey. L. Brendan., Matear, Sheelagh., Matheson, K. Philip. (2002). Improving service firm performance. Journal of Services Marketing, Vol. 16 Iss 3 pp. 186 - 200

Kottler, Philip. and Amstrong, Gary. (2012). Principles of Marketing, 14th Edition. New York: Pearson Educated, Limited.

Kottler, Philip. and Keller, L. Kevin. (2012). Marketing Management, 14th Edition. New York: Pearson Educated Limited.

Levy, Michael. and Grewal, Dhruv. (2008). Marketing, 1st Edition. New York: McGraw Hill/ Irwin.

Lovelock, Christopher. and Wirtz, Jochen. (2011). Services Marketing: People, Technology, Strategy, 7th Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Maslucha, Nuraini & Sanaji. (2013). Pengaruh Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran melalui Inovasi. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol.1, No.4, p.1-12

McCharty, E. Jerome. Perreault, D. William. and Cannon, P. Joseph. (2011). Basic Marketing: A Global-Managerial Approach, 18th Edition. New York: McGraw Hill/ Irwin.

Mooradian, A. Todd. Matzler, Kurt. Ring, J. Lawrence. (2012). Strategic Marketing, 1st Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc.

O’Cass, Aron., and Craig, Julian. (2003). Examining Firm and Environmental Influences on Export Marketing MixStrategy and Export Performance of Australian Exporters. European Journal of Marketing, Vol.37, Issue.3/4, p. 366-384

O’Sullivan, Don., Abela, V. Andrew., Hutchinson, Mark. (2009). Marketing Performance Measu-rement and FirmPerformance. European Journal of Marketing, Vol.43, Issue.5/6, p. 843-862

Riduwan & Engkos A, Kuncoro, (2011). Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis (Analisis Jalur), 3rd Edition. Bandung: Alfabeta.

Sanusi, Anwar (2012). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Sari, Lila Fitria. (2013). Pengaruh Orientasi Pasar dan Kreativitas terhadap Kinerja Pemasaran. Management Analysis Journal, Vol.2, Issue.1, p. 110-116

Sarjono, Haryadi & Winda Julianita. (2011). SPSS vs LISREL: Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.

Sekaran, Uma. (2006). Research Methods for Business (Edisi 4). Jakarta: Salemba Empat.

Slater, F.S., and Narver, C. J. 1995. Market Orientation and The Learning Organization. Journal of Marketing, Vol. 59.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Van den Brink, Douwe., Schroder, Odekerken Gaby., and Pauwels, Pieter. (2006). The Effect of Strategic and Tactical Cause-RelatedMarketing on Consumers' Brand Loyalty. Journal of Consumer Marketing, Vol.23, Issue.1, p. 15-25


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.