PENGARUH PERIKLANAN DAN KETIDAKPUASAN TERHADAP KEINGINAN BERPINDAH MEREK OLEH KONSUMEN LAPTOP DI KOTA BANDA ACEH

Zul fikar, Mulyadi IAI

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh periklanan dan ketidakpuasan konsumen laptop di Kota Banda Aceh terhadap keinginan berpindah merek. Model analisis dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 1,383 untuk variabel periklanan dan 7,898 untuk variabel ketidakpuasan, sedangkan nilai ttabel sebesar 1,984. Berdasarkan hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa secara parsial hanya variabel ketidakpuasan yang berpengaruh signifikan terhadap keinginan berpindah merek, sedangkan variabel periklanan tidak berpengaruh signifikan.

 

Kata Kunci: Iklan, Ketidakpuasan, Keinginan Berpindah Merek


Referensi


Ari Setiyaningrum (2007) Pengaruh Ketidakpuasan

Konsumen Dan Variety Seeking Terhadap

Perpindahan Merek. Telaah Manajemen,

November, Vol 2, No 2.

Azian Muchriza (2008) Pengaruh Bauran

Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan

Pada Usaha Seraba Cantik Decor, Skripsi,

Juni, Fakultas Ekonomi Universitas Syiah

Kuala.

Arvin Sahay and Vivedita Sharma (2010) Brand Relationship And Switching Behaviour For Highly Used Products In Young Consumer. Vikalpa, January, Vol 35, No 1

Belch, George E And Belch Michael A (2004)

Advertising And Promotion: An Intergrated

Marketing Communication Perspektif, The

Mc Graw-Hill Companies

Dhiah, Cahyowati Tri. (2010). Perilaku Konsumen.

Pusat Pengembangan Bahan Ajar-UMB

Dwi Ermayanti S ( 2006) Pengaruh Periklanan, Perubahan Harga, Ketidakpuasan Konsumen Terhadap Keputusan Perpindahan Merek Pada Konsumen Shampo Sunsilk di Surabaya. Jurnal eksekutive, Agustus, Vol 3, No 2.

Guoging Guo, Zhang Zongke, Wang Ziofang,

Liyisong (2006) An Empirical Study On

Credibility Informations And Product

Involvement Influence On Consumers Brand

Switching Intention. School Business, Renmin

University Of China, 100872.

Hasibuan, Ali Fikri (2009). Pengaruh Nilai Tukar Mata Uang Dan Indeks Harga Saham Global Terhadap Pergerakan IHSG. Tesis Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane ( 2007)

Manajemen Pemasaran, Edisi ke 12, jilid 2, Pt Macana Jaya Cemerlang.

Kotler, Philip. (2003). Marketing Management. Prentice Hall of India, New Delhi.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. (2001).

Prinsip- Prinsip Pemasaran, Edisi Kedelapan, Jilid 1, ( Terjemahan). Erlangga, Jakarta.

Lamb, Hair, dan Mc. Daniel (2001). Pemasaran ( Terjemahan). Salemba Empat, Jakarta.

Lamidi (2007) Analisis Loyalitas Konsumen Dalam Mengkonsumsi Produk Pemutih Wajah. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan,

Oktober, Vol 7, No 2.

Lee, Monlee dan Johnson, Carla. (2007) Prinsip Prinsip Periklanan Dalam Perspektif Global,

Edisi 2, Kencana, Jakarta.

Malhotra, Naresh K., 2006, Riset Pemasaran: Pendekatan Terapan (Jilid 2), Indeks, Jakarta.

Mowen, John C dan Minornmichail. (2002) Perilaku Konsumen, Jilid 2, Erlangga, Jakarta

Ma’ruf, Jasman5,RisetPerilakuJ .Konsumen:,200

Niat Membeli Melalui Internet, Program

Magister Manajemen Program Pascasarjana

Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Nugroho Setiadi J. (2003) Perilaku Konsumen,

Edisi 1. Kencana, Bogor.

Patricia Nicolino F. ( 2004) Brand Management, Edisi 1. Prenada, Jakarta.

Peter, Paul J. & Olson, C Jerry (2000) Consumen Behaviour And Marketing Strategy, 6th

Edition Avenue Of The American New York, Ny, Mc Graw-Hill;

Ribhan (2006) Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi

Brand Swithching Pada Penggunaan Sim

Card Di Fakultas Ekonomi Universitas

Lampung. Jurnal Bisnis Dan Manajemen,

September, Vol. 3 No 1.

Sahay dan Sharma Nivedita (2010). Brand Relationships and Switching Behaviour for Highly Used Product in Young Consumers.

January-March, Vol 35, No 1.

Shimp, Terence A. (2003) Periklanan Promosi,

Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Susalit Sultan Rahadian ( 2006) Analisis Pengaruh

Loyalitas Pelanggan Dan Perilaku Mencari

Variasi Terhadap Perpindahan Merek,

Universitas Deponegoro Semarang,

Desember, 2006.

Tjiptono, Fandy (2008) Strategi Pemasaran, Edisi

, CV Andi, Yogyakarta.

Umar, Husein, 2005, Metode Penelitian Untuk

Skripsi dan Tesis Bisnis, Raja Grafindo

Persada, Jakarta.


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.