ANALISIS PENGUASAAN DOMAIN KOGNITIF, AFEKTIF, DAN PSIKOMOTORIK TERHADAP KEPUTUSAN PILIHAN BERWIRAUSAHA MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN-2015 (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Syiah Kuala)

Ishak Hasan

Sari


Kewirausahaan semakin penting untuk diperluas prakteknya di negara sedang berkembang. Hal ini dikarenakan negara sedang berkembang dewasa ini semakin dihadapkan pada kondisi yang semakin mengglobal dengan pilihan kerjasama dan persaingan yang semakin keras. Menyelaraskan dengan kondisi tersebut, lembaga pendidikan diharapkan mampu berperan guna mentransformasi jiwa kewirausahaan dalam rangka mempersiapkan sumberdaya manusia menghadapi era kerjasama dan persaingan yang semakin ketat terutama di kawasan ASEAN 2015. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Mengalisis kedalaman pemahaman mahasiswa dalam ranah koginitif, afektif dan psikomotorik dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual (CTL) pada mata kuliah Kewirausahaan. 2. Menganalisis pengaruh pemahaman ranah kognitif, afektif dan psikomotorik terhadap keputusan pilihan berwirausaha pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Populasi sasaran adalah mahasiswa yang mengikuti Mata Kuliah Kewirausahaan pada Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Unsyiah tahun akademik 2012-2013 dengan jumlah sampel sebanyak 42 orang. Pengolahan dan analisis data dilakukan secara kualitatif dan kauntitatif dengan menggunakan IBM-SPSS Statistik versi 20. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa; variabel tingkat pemahaman mahasiswa dalam ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik berimplikasi positif terhadap pilihan kuputusan untuk berwirausaha, diperoleh koefisien determinasi sebesar 0,726. Sedangkan koefisien korelasi sebesar 0,852. Dengan demikian kedalaman pemahaman ketiga ranah tersebut memiliki pengaruh dan juga hubungan yang kuat dengan keputusan pilihan untuk berwirausaha dalam menghadapi MEA-2015.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Kewirausahaan, Taksonomi Bloom, MEA-2015.


Referensi


Bloom, Benjamin S. Ed. Et al. (1956). Taxonomy of Educational Objectives: Handbook 1, Cognitive Domain. New York: David McKay.

Bower, Hilgard. (1981). Theories of Learning. Fifth Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Depdiknas. (2002). Pendekatan Kontekstual / Contektual Teaching and Learning. Jakarta: Depdikbud.

Gendler, Margaret E. (1992). Learning & Instruction; Theory Into Practice. New York: McMillan Publishing.

Hasan, Ishak. (2013). Wirausaha Akar Rumput; Boh Manok Medan dan Kupi Ulee Kareng,

Pena, Banda Aceh.

Jacobson, David. (1989). Methods for Teaching, A Skill Approach. Ohio: Merill Publising.

Joewono, Handito (2011). Strategi Pengembangan Kewirausahaan Nasiona: Sebuah Rekomen-dasi Operasional, Jurnal Infokop Volume 19

Ishak Hasan | Analisis Penguasaan Domain Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik terhadap Keputusan Pilihan . . . 25

Juli 2011. Deputi Bidang Pengkajian Sumberdaya UKMK Kementrian Koperasi dan UKM-RI, Jakarta.

Krathwohl, D. R. ed. et al. (1964), Taxonomy of Educational Objectives: Handbook II, Affective Domain. New York: David McKay.

Makmun, Abin Syamsuddin (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Rosda Karya Remaja.

Mudhofir. (1980). Teknologi Intruksional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurhadi, dkk. (2003). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK Malang: IKIP.

Singgih, Santoso. (2000). SPSS Statistik Para-metrik. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Soemanto, Wasty. (1984). Sekuncup Ide Operasional Pendidikan Wiraswasta, Bumi Aksara, Jakarta.

Sugiyono. (1997). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.

W. Gulo. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Grasindo.

Sumahamijaya, Suparman dkk. (2003). Pendidikan Karakter Mandiri dan Kewiraswastaan, Angkasa, Bandung.

Sutanto, Adi. (2002). Kewiraswastaan, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Wirasasmita, Yuyun (2000). Kewirausahaan di Perguruan Tinggi, Makalah UNPAD, Bandung.


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.