SELUK BELUK TENTANG KONSEP BUNGA KREDIT BANK

Cecep Taufiqurrochman

Sari


Umumnya suku bunga, dimaknai sebagai rasio dari bunga terhadap jumlah pinjaman. Terdapat fungsi dan peranan penting tingkat bunga dalam perekonomian. Seperti fungsinya dalam membantu mengalirnya tabungan berjalan kearah investasi guna mendukung pertumbuhan perekonomian. Sementitu suku bunga juga memiliki apa yang disebut dengan risiko suku bunga, yaitu potensi kerugian karena adanya perubahan pergerakan arah suku bunga. Risiko ini yang akan mempengaruhi semua instrumen yang menggunakan satu atau lebih yield curves untuk menghitung satu nilai pasar. Bunga mempengaruhi secara langsung hehidupan masyarakat keseharain dan mempunyai dampak penting terhadap kesehatan perekonomian mulai dari segi konsumsi, kredit, obligasi, serta tabungan. Dalam praktek di perbankan umumnya hanya dua sistem perhitungan bunga yang diterapkan yaitu sistem bunga flat dan sistem bunga anuitas. Berkaitan dengan beberapa istilah dan jenis suku bunga hubungannya dengan prakteknya akan dibahas dalam makalah ini, termasuk ilustrasi perhitungannya.
Keywords: Suku bunga, tingkat bunga, bunga riil dan nominal, sistem bunga flat, efektif, anuitas, fixed rate dan floating rate

Referensi


Hasibuan, Malayu, 2006, Dasar - Dasar Perbankan, Jakarta: Bumi Aksara.

Iswardono, Sp. 1996. Uang dan Bank, Edisi 4. Yogyakarta: BPFE

Mudrajad, Kuncoro dan Suhardjono. 2002. Manajemen Perbankan Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: BPFE

Puspopranoto, Sawaldjo, 2004, Keuangan Perbankan Dan Pasar Keuangan (Konsep, Teori, Dan Realita), Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia.

Taswan, 2006, Manajemen Perbankan (Konsep, Teknik dan Aplikasi), Yogyakarta: UPP STIM YKPN.


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.