PENGARUH PENDIDIKAN, PELATIHAN, DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP KOMPETENSI DAN IMPLEMENTASINYA PADA PROFESIONALISME GURU (Studi Kasus Guru SMA Negeri di Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen)

Zulfikri MM, Marwan Hamid

Sari


Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh, (1) pendidikan terhadap kompetensi guru, (2) pelatihan terhadap kompetensi guru, (3) pengalaman mengajar terhadap kompetensi guru, dan (4) kompetensi terhadap profesionalisme guru, dengan studi kasus pada guru di Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen-Aceh. Dengan sampel 118 guru SMA Negeri 1, SMAN 2, dan SMAN 3 Bireuen. Analisis statistik dengan pendekatan Path Analysis, diperoleh hasil bahwa 1).Terdapat pengaruh yang signifikans aspek pendidikan, pelatihan dan pengalaman mengajar gur terhadap tingkat kompetensi guru. Pengaruh Pendidikan sebesar 23,33 %, terhadap kompetensi guru, sedangkan pelatihan dan pengalaman mengajar masing-masing adalah 6,87% dan 22,02%. 2). Terdapat pengaruh yang signifikans aspek pendidikan, pelatihan dan pengalaman mengajar gur terhadap tingkat profesionalisme guru. Pengaruh Pendidikan sebesar 91,34 %, terhadap profesionalisme guru, sedangkan pelatihan dan pengalaman mengajar masing-masing adalah 91,01% dan 13,46%. Dan 3). Pengaruh kompetensi yang dimiliki guru terhadap profesionalismenya sebesar 22,37 persen.

Kata Kunci: Pendidikan, Pelatihan, Pengalaman Mengajar, Kompetensi, Profesionalisme guru

Referensi


Ahmad S. Ruky. 2016. Strategi, Kebijakan, dan Cara Penataan Upah, Gaji, dan Remunerasi. Jakarta: PT. Intipesan

Aminatul, Zahroh. 2015. Membangun Kualitas Pembelajaran melalui Dimensi. Profesio-nalisme Guru. Bandung : Pustaka Setia

Amiruddin Idris dan Win Konadi, 2010. Model Peningkatan Kualitas SDM Penduduk Usia Kerja Yang Unggul Professional Dan Islami, Jurnal ekonomika Universitas Almuslim Bireuen – Aceh, Vol.1 No.1 Maret 2010 ISSN:2086-6011.

Amiruddin Idris dan Win Konadi, 2012. pengaruh regulasi dan ketersediaan anggaran terhadap kinerja pelayanan aparatur SKPD dan implikasinya pada kualitas pelayanan publik di Provinsi Aceh, Jurnal Kebangsaan, Vol 1 No 1, Januari 2012. ISSN: 2089-5917

Amin, Suyitno.(2009). Modul Buku Ajar PLPG Guru-guru Matematika Pembelajaran Inovatif. Semarang: Jurusan MIPA Unnes.

Ahmad, Shaleh Nazili. 2011. Pendidikan dan Masyarakat. Yogyakarta: Sabda Media.

Dedi Supriyadi. 1999. Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Adicita Karya. Nusa, Yogyakarta. Depdiknas

Djojohadikusumo, Sumitro. 1994. Dasar Ekonomi Pertumbuhan dan Ekonomi Pembangunan. Jakarta: LP3ES

Foster, Bill. 2001. Pembinaan untuk Peningkatan Kinerja Karyawan. PPM. Jakarta. Penerjemah: Ramlan

Hasibuan, Malayu S. P. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Harjanto.2012.Perencanaan Pengajaran.Jakarta: PT Rineka Cipta

Ikhsan, Arfan., dkk, 2014. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Cetakan Pertama. Bandung: Cita Pustaka Media

Kunartinah & Fajar Sukoco. 2010. Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan, Pembelajaran Organisasi Terhadap Kinerja dengan Kompetensi Sebagai. Mediasi.

Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan. Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta : Raja

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Mansyur Muslich, 2013, Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara

Marwan, Ibrahim Sufi, Win Konadi, dan Yusrizal Akmal, 2019. Analisis Jalur Dan Aplikasi Spss Versi 25, Edisi Pertama Sefa Bumi Persada, Medan.

Priansa, Donni Juni. 2014. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya. Manusia. Bandung: Alfabeta.

Rivai, Veithzal dan Ella Sagala, 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Rajawali Pers, Jakarta

Sadili Samsudin, 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit: CV Pustaka Setia.

Sardiman, A.M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Sedarmayanti. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil (cetakan kelima). Bandung : PT Refika Aditama

Shane, Harold G. 1984, Arti pendidikan bagi masa depan. Volume 3 of Seri Pustaka Teknologi Pendidikan Publisher, CV. Rajawali.

Sutrisno, Edy. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama, Cetakan Pertama. Jakarta: Penerbit Kencana.

Tirtarahardja, Umar & La Sulo. 2012. Pengantar Pendidikan. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Tirtarahardja, Umar 2015. Pengantar pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Uno, B. Hamzah. 2006. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi. Aksara

Usman, Husaini. 2013. Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, Edisi IV, Cet.1. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Widodo, Eko, Suparno. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya. Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Win Konadi dan Mulyanti, 2018, Pengaruh Motivasi kerja, dan Perilaku Inovatif terhadap Kinerja Guru SMP dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Wilayah Kecamatan Peulimbang Kabupaten Bireuen, Jurnal Kebangsaan Vol 7 No 13, Januari 2018.

Yuliana, Haryadi, Ade Irma Anggraeni, 2019. Pengaruh Kompetensi dan Pelatihan Guru Terhadap Profesionalisme Guru Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening di MI, MTS dan SMK Yayasan Pesantren Darul Abror Kedungjati, Lap. Penelitian

Peraturan pemerintah no. 19 tahun 2005 tentang standar pendidikan nasional

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru,

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia pNo.27 tahun 1981 tentang peralatan fakultas pada Universitas atau Institut Negeri (Sistem Pendidikan Nasional, 1989,hal 108),

PP RI No. 101 Tahun 2000 pasal 1

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-undang No 2 tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional

http://aceh.Tribunnews.com/2018/01/20, Guru tak lulus UKG tidak dipecat.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.